......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Rabu, 13 Januari 2010

GAMBAR DAN FOTO-FOTO PAN EVAPORATOR

GAMBAR DAN FOTO-FOTO PAN EVAPORATOR


Pan Evaporator yang sudah semi modern untuk Gula Maple, ini tentu juga bisa digunakan untuk pengolahan Nira Aren dari kebun Aren kita.


Pan Evaporator ini pada jamannya dulu (sekitar tahun 1950-an) disebut sebagai Cook Evaporator, karena bisa dimiringkan ke kanan dan ke kiri dengan dasar terbuat dari besi yang melengkung sehingga bisa dimiringkan ke kanan dan ke kiri, sebagai gantinya pengadukan agar air gula sampai pada tingkat kekentalan tetentu untuk proses lebih lanjut menjadi gula sirup atau gula cetak. Ini juga alat yang digunakan untuk Gula Maple di Canada dan Amerika utara. Alat ini masih menggunakan bahan bakar kayu.


Pan Evaporator ini pada jamannya dulu (sekitar tahun 1950-an) disebut sebagai Automatic Cook Evaporator, karena bisa dimiringkan ke kanan dan ke kiri, sebagai gantinya pengadukan sehingga air gula sampai pada tingkat kekentalan tetentu untuk proses lebih lanjut menjadi gula sirup atau gula cetak. Sumber pemanasnya berasal dari kompor gas atau kompor minyak yang "otomatis". Ini juga alat yang digunakan untuk Gula Maple di Canada dan Amerika utara.


Cub Evaporator ini biasa untuk mengolah nira dari pohon Maple di Canada dan Amerika Utara, produk utamanya ialah Maple Syrup


Pan Evaporator ini terbuat dari logam besi plat, sebaiknya agar mutu gula Arennya bagus bahannya dibuat dari logam anti karat atau stainless still



Dikumpulkan oleh Dian Kusumanto dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar: