......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Senin, 04 Maret 2013

Produk Gula Aren sudah semakin variatif










Produk Gula Aren sudah semakin variatif

Oleh : Ir. H. Dian Kusumanto

Pohon Aren adalah pohon yang banyak memberikan hasil untuk dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai ekonomis tinggi.  Salah satunya adalah dari Nira atau air yang mengandung gula yang keluar dari tandan bunga yang disadap atau disayat atau diiris dengan perlakuan tertentu.  Nira dari pohon Aren termasuk yang paling tinggi produksinya dibanding dengan pohon jenis palem lainnya seperti kelapa, siwalan, nipah dan lain-lain.  Setiap pohon Aren dewasa yang sehat bisa menghasilkan sekitar 20 liter nira setiap hari.  Penyadapan biasanya dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pada waktu pagi dan pada sore hari.

Dari nira inilah gula bisa dihasilkan, dengan cara memasaknya atau menguapkan air yang terdapat di dalam larutan Nira.  Kalau sebagian besar air murni sudah dieluarkan dari larutan Nira, maka Nira menjadi semakin kental.  Itu berarti kadar gulanya semakin tinggi dan sebaliknya kadar airnya semakin sedikit.

Gula cair yang kental sering disebut sebagai Sirup Nira Aren biasanya kadar gula atau brixnya sudah mencapai antara 60-70% atau kadar airnya antara 30-40%.  Sedangkan gula yang dicetak biasanya kadar gulanya sekitar 90% atau kadar airnya tinggal sekitar 10%.  Kalau gula semut atau gula serbuk alias granule brown sugar kadar gulanya sudah hampir jenuh yaitu sekitar 98% atau kadar airnya kurang dari 2%.

Gula Aren yang beredar di pasaran sekarang sudah semakin beraneka macam bentuknya, demikian juga kemasannya  juga sudah semakin bervariasi.  Bukan saja dijual sebagai gula saja, tetapi sudah banyak yang dikombinasi dengan berbagai macam bahan herbal maupun kombinasi bahan plavour alami lainnya.  Tidakhanya sebagai minuman yang enak dan menyegarkan, tetapi sudah dikesankan juga sebagai obat yang menyehatkan.

Demikian juga pasarnya, sudah tidak saja di Pasar Tradisional, tetapi sudah merambah ke Super Market.  Tidak hanya dihidangkan di rumah-rumah tetapi sudah menjadi menu di Cafe-cafe modern bahkan di hotel-hotel berbintang.  

Demikianlah jika kehebatan dan khasiat Gula Aren ini sudah dikenal.  Index Glicemic dari Gula Aren ini sangat rendah dan aman yaitu antara 28-35 saja.  Oleh karenanya akan sangat aman bagi penderita Diabetes.  Bukan hanya aman tetapi sebenarnya jika dikonsumsi secara teratur bisa menyembuhkan.
Maka dari itu Gula Aren itu adalah Gula yang sangat sehat dan juga sangat menyehatkan.  Maka gantilah konsumsi Gula Anda dengan Gula Aren!

Tidak ada komentar: