......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Selasa, 11 Januari 2011

Karseno, Dosen Unsoed Temukan Pengawet Alami Gula Jawa


Karseno, Dosen Unsoed Temukan Pengawet Alami Gula Jawa

Dosen Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto (Jateng), Karseno, SP, MP, PhD menemukan formula alami pengawet gula Jawa (gula Merah). Dengan formula ini, diyakini akan mampu meningkatkan kualitas gula merah dan menghindarkan konsumen dari ancaman kanker. “Pengawet gula merah berbahan sintesis yang selama ini banyak dipakai petani yakni sulfit dan natrium metabisulfit cenderung bersifat toksit dan karsinogenik. Pengawet sintetis ini merupakan stimulan kanker," kata Karseno sembari menyebutkan, pengawet sintetis yang dipakai petani bermerk Cap Gajah dan dijual seharga Rp 6.000 per bungkus.

Pengawet alami temuan Karseno terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan di sentra pengrajin gula merah, antara lain daun sirih, buah manggis, kayu nangka, pohon sulatri, dan sampan. "Seluruh bahan alami tersebut dicampur dengan rendaman kapur dengan takaran tertentu," kata Karseno.

Pengawet alami temuan Karseno, dapat menghasilkan gula merah yang warnanya lebih cerah dan tekstur gula menjadi keras serta pada. Tekstur gula Jawa yang keras dan memiliki kadar air rendah akan mampu memenuhi standar ekspor. “Kami berencana akan mengembangkan bahan pengawet alami ini agar dapat digunakan pengrajin di seluruh sentra gula merah di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya," katanya.

Ditambahkan Karseno, penelitian yang dilakukan di wilayah Kecamatan Cilongok, Banyumas berawal dari rasa rasa prihatin terhadap pengrajin gula merah yang sebagian besar menggunakan pengawet sintetis yang berbahaya bagi kesehatan. “Pengawet sintetis itu secara tidak disadari memberikan efek racun kepada konsumen gula merah dan juga menurunkan kualitas gula, sehingga tidak memenuhi standar ekspor,” kata Karseno.[py/aj]

Sumber : http://seruu.com/dunia-agro-dan-industri/dosen-unsoed-temukan-pengawet-alami-gula-jawa/itemid-687

Pertama di Indonesia, Pengawet Alami untuk Gula Merah

Peneliti Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menemukan pengawet alami untuk gula merah atau gula Jawa. Gula merah ini dijamin lebih sehat dan siap menggusur gula merah berpengawet kimia.

Peneliti Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menemukan pengawet alami untuk gula merah atau gula Jawa. Gula merah ini dijamin lebih sehat dan siap menggusur gula merah berpengawet kimia.

“Kami membuat dalam tiga jenis, serbuk, cair dan tablet,” kata sang penemu, Karseno, yang juga Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Unsoed, saat berbincang dengan detikcom, Jumat (20/8).

Bahan larutan alami ini terbuat dari bahan alami seperti daun sirih, buah manggis, kayu nangka, pohon sulatri dan sampan. “Bahan tersebut dicampur dengan rendaman kapur dengan takaran tertentu,” katanya.

Dengan bahan alami tersebut, imbuh Karseno, gula yang dihasilkan warnanya lebih cerah. Selain itu, tekstur gula menjadi keras dan padat. “Rasa juga manis, dan baik untuk kesehatan dan vitalitas pria,” imbuhnya.

Selama ini, banyak gula merah di pasaran memakai pengawet sintetis yang mengandung sulfit dan natrium metabisulfit. Zat tersebut bersifat toksik dan karsinogenik atau merupakan stimulan kanker. Karseno mengatakan pengawet alami ini siap diproduksi massal.

“Sekarang tinggal fase finishing di laboratorium,” kata Karseno. Pengawet alami temuan Unsoed ini telah diuji coba ke 700 pengrajin gula merah di Kecamatan Soma Gede, Kabupaten Banyumas. Banyumas merupakan penghasil terbesar gula merah di Jawa Tengah. Uji coba ini disambut baik. Hasil gulanya pun laris manis di pasar.

Karseno yakin, pengawet alami ini bisa bersaing dengan bahan pengawat kimia. Unsoed akan melibatkan pihak ketiga untuk memproduksi massal. Bahkan gula merah dengan pengawet alami bisa diekspor karena memiliki kadar air rendah yakni sekitar 4%. “Karena kadar airnya sangat rendah maka bisa diekspor karena tahan dalam waktu lama,” tutupnya. (dtc)

Sumber [ http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=66154:pertama-di-indonesia-pengawet-alami-untuk-gula-merah&catid=3:nasional&Itemid=128 ]

10 komentar:

ina haryani mengatakan...

ya bahan bahan yang alami membuat hidup lebih sehat. gula jadi sehat dikonsumsi. AN Gula Jawa SUPER Semarang

Sugiana mengatakan...

temuan yang inovatif dan sangat membantu para pengrajin gula merah. Mudah-mudahan temuan ini dapat mengangkat kesejahteraan para pengrajin.

Anonim mengatakan...

Hello Bpk Karseno ,
Apakah pengawet yang dipakai gula jawa juga bisa dipakai diproduk lain ,misalnya kecap atau masakan ,juice .

Apakah pada saat ini sudah dipasarkan ?
Terima kasih tanggapannya .

Inspirasi Petani mengatakan...

pak dian, ada kontak untuk konsultasi lebih lanjut kepada pak karseno? saya butuh pasokan gula kelapa organik. terima kasih

Anonim mengatakan...

kalau untuk gula merah dari tebu apa juga bisa ?.

rama dani mengatakan...

apa obat gula nya sudah di produksi masal ..?
& dmn saya bsa memesanya ..?

rama dani mengatakan...

dimana saya bisa mendapatkn obat gula ini gan ..?

Anonim mengatakan...

dimana saya bisa mendapatkn obat gula ini gan ..?

Anonim mengatakan...

salam sejahtera bp.Karseno
bisakah memberi beberapa no mor telpon pengrajin yang benar benar menggunakan pengawet alami utk Gula aren nya .?kami ingin membeli gula yang sehat

terima kasih dan Salam hangat
Freddy
sitagtiga@yahoo.com

Febri Cepi mengatakan...

asalamualaikum pak saya mau tanya apakah membuat laru alami semudah yg di tulis bapak ..atau ada tindakan lebih lanjut lagi atau takaran lebih rinci kalo iya tlng saya beri tau pak trimakasih