......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Senin, 09 Mei 2011

Gula Aren Rakyat Tumohon Sulut dijadi Gula Semut

Gula Aren Jadi Gula Semut di Tumohon


KEKER, sebuah LSM yang ada di Gorontalo, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tumohon Gorontalo, dengan support dari Sulawesi Community Foundation (SCF) menginisiasi pengelolaan gula aren semut di Kelurahan Rurukan dan Rurukan I.

“Selain itu, tujuan yang lain adalah terehabilitasinya daerah-daerah resapan air yang kritis di wilayah kedua kelurahan tersebut, dan yang tak kalah pentingnya adalah tebentuknya jaringan belajar bersama di 3 kelurahan yang menjadi site program,” jelas Jefri Polii, Direktur Eksekutif KEKER.
















Menurtunya, dari tujuan tersebut akhirnya telah terbentuk 2 kelompok tani Esa Toroan dan Idola yang berfungsi untuk mengumpulkan dan memasarkan gula. Saat ini dlm proses pengurusan akte Koperasi.

“Dari target yang ingin dicapai seluas 50 ha, yang tercapai saat ini baru 6 ha, dan ke depan, kita akan terus bekerja mewujudkan target tersebut,” lanjutnya
Selain itu, juga sudah terbentuk organisasi JARKAM (Jaringan Kampung) DAS Tondano, dimana anggota JARKAM ini telah terfasilitasi sebanyak 40 desa dan kelurahan.

Oleh karena itu, dari proses-proses dan mimpi yang mau dicapai seperti yang tersebut diatas, maka saat ini kita tengah melakukan sejumlah penguatan, diantaranya adala pengurusan ijin Produksi Gula ke Departemen Kesehatan, menegosiasikan kembali bentuk dukungan dari Pemerintah Kota untuk rehabilitasi daerah kritis dengan pohon aren.

“Valuasi Ekonomi Sumber Daya Alam di 3 Kelurahan, pemetaan partisipatif, dan usaha lebah madu,” kunci Jefry. (Sultan Darampa/Januari 2010)

Tidak ada komentar: