......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Jumat, 14 Oktober 2011

Bibit Aren Genjah Kutim Kian Diburu

Bibit Aren Genjah Kutim Kian Diburu


TRIBUN-MEDAN.com, SANGATTA - Varietas tanaman Aren Genjah yang dikembangkan di Desa Kandolo, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur telah dikukuhkan sebagi varietas unggul nasional pertengahan Juli lalu.

Belakangan, minat berbagai daerah di Indonesia untuk menjajaki varietas aren genjah semakin meningkat. Terutama dari kawasan Kaltim dan daerah Sumatera.

Kepala Dinas Perkebunan Kutim, Akhmadi Baharuddin, mengatakan sejak ditetapkan sebagai varietas unggul nasional, banyak daerah yang menyatakan tertarik pada varietas tersebut.

"Hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang. Bila problem ketersediaan bibit bisa diatasi dengan cepat, maka hal ini menjadi peluang untuk masyarakat. Sedangkan Disbun berfungsi sebagai pembina dan pengawas," katanya.

Akhmadi mengatakan, pembudidayaan aren genjah secara massif dan berskala besar sangat diperlukan. Selain untuk memenuhi permintaan, juga untuk meraih hasil maksimal dari siklus hidup tanaman yang saat ini sudah berproduksi.

Bila terlambat, dikhawatirkan tanaman induk sudah tidak produktif, bahkan mati. Dengan demikian, agenda pembudidayaan bisa terancam gagal. (khc)

Editor : Sofyan Akbar

Sumber : http://medan.tribunnews.com/2011/09/21/bibit-aren-genjah-kutim-kian-diburu

Tidak ada komentar: