......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Rabu, 25 Juli 2012

Sari Nira Coffee : Kopi krimer dan Gula Aren yang menyehatkan


Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Rehan Abdullah, berhasil menciptkan produk kopi yang ramah bagi penderita diabetes. Rehan menamai racikan kopinya itu Sari Nira Coffee. Pemanisnya menggunakan bahan gula aren kristal atau yang biasa disebut gula semut.

»Gula semut diambil dari sentranya di Menoreh, Kulon Progo, sedangkan creamer-nya dari lemak nabati gandum dan kopinya dari jenis robusta,” kata Rehan, Jumat, 20 Juli 2012.

Pria asal Gresik, Jawa Timur ini mengatakan, kopi ciptaaannya itu memiliki cita rasa khas karena ada gula yang dihasilkan dari air nira. Selain membuat aroma berbeda, gula aren mengandung zat besi yang tinggi. »Jadi, tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah sehingga cocok untuk minuman antidiabetes,” kata dia. Berdasarkan penelitian, gula aren memiliki indeks glikemiks sangat rendah dibanding dengan gula tebu.

Rehan menuturkan ide membuat kopi gula aren ini muncul setelah melihat banyak anak muda yang nongkrong di kafe dan restoran fastfood sambil menikmati kopi dengan pemanis brown sugar impor. »Padahal, bahan baku brown sugar berasal dari gula semut dari Indonesia yang diolah di Singapura,” kata dia.

Berangkat dari kegelisahannya itu, Rehan kemudian mencoba menghubungi para penyadap nira di perbukitan Menoreh, Kulon Progo, untuk diajak mengolah gula batok menjadi gula semut. Produknya itu kini telah banyak didistribusikan ke sejumlah kota seperti Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Gresik, dan Malang.

PRIBADI WICAKSONO

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/mahasiswa-ugm-ciptakan-kopi-untuk-penderita-diabetes-101907700.html

Tidak ada komentar: