......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Senin, 02 Februari 2009

Kunjungan Pakar Biofuel Nasional di Kebun Bibit Aren Nunukan

Bapak Asisten Ekonomi & Pembangunan (ASS II) Pemda Kabupaten Nunukan (H. Adi Kamaris Ishak, SIP), didampingi Bapak Anwar R.N. (Anggota DPRD Kabupaten Nunukan) dan Pak Ilham Zain, S. Sos. (Sekretaris Dinas PerindagkopUKM Kabupaten Nunukan) sedang membuka acara presentasi prospek Biofuel di Kabupaten Nunukan oleh DR. Ir. Tatang H. Soerawidjaja (ITB) dan Ir. Ricky H. Warga Kusumah dan Ir. Aribowo dari PT. Pasadena Engineering Indonesia.

Bapak Ir. Ricky H. Wargakusumah dan Bapak DR.Ir. Tatang H. Soerawidjaja sedang memberi paparan tentang propek Biofuel di Kabupaten Nunukan.  Nunukan berpotensi menjadi Kabupaten Sumber BBN atau Kabupaten Mandiri Energi dengan memanfaatkan segala sumber bahan bakar nabati seperti Kelapa Sawit, Aren, Nipah, Singkong, Sorgum, Ubijalar, dll.  Semua tanaman BBN bisa tumbuh subur di Nunukan, kita patut mensyukurinya.  


Pak Tatang, Pak Ricky dan Pak Aribowo sedang mengamati bibit Aren di kebun pembibitan Aren di Sei Jepun Nunukan Selatan.  Bibit Aren yang dikelola oleh Bapak Daeng Lau cukup menarik perhatian dalam kunjungan Ahli dan pejuang Biofuel Nasional ini.  Dari pembibitan di Nunukan ini diharapkan memberi sumbangsih bagi pengembangan kemandirian energi di Nunukan khususnya serta Nasional.  Amin.

Pak Tatang sedang mengamati buah Nipah di pinggir hamparan lahan pantai yang ditumbuhi pohon Nipah yang terletak di Desa Binusan di Pulau Nunukan.  Pohon Nipah banyak terdapat di sepanjang tepi pantai atau sungai, namun sampai sekarang belum dimanfaatkan.  Pak Tatang menyebutkan Nira Nipah juga bisa dimanfaatkan untuk gula atau bioethanol, pohonnya sudah ada dan tinggal dimanfaatkan saja. 

Pak Yasir dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Nunukan menjelaskan potensi Nipah dan tanaman-tanaman lain penghasil BBN yang sangat banyak di Kabupaten Nunukan.


Pak Daeng Lau sedang berbincang dengan Bapak Dr. Tatang Hernos Soerawidjaja dari ITB, Bapak Ir. Ricky H. Wargakusumah dan Bapak Ir. Aribowo dari PT. Pasadena Engineering Indonesia di kebun pembibian Aren  di Sei Jepun Nunukan Selatan.


1 komentar:

Eddy mengatakan...

Selamat deh dengan Nunukan yang sudah dikunjungi para pakar biofuel. Mohon kiranya kami diberi informasi lebih jelas tentang potensi aren yang sudah dikelola dengan baik itu. ke siapakah (nama, email atau telp) kami nantikan. Kebetulan kami sangat mendukung program ini dan ingin berkunjung juga ke Nunukan.
(Edi Duyeh - Kemenko Perekonomian Jkt)