......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Kamis, 26 Februari 2009

Alat Memasak Gula Aren dari Drum Bekas

Alat Memasak Gula Aren dari Drum Bekas


Alat Evaporator untuk memasak nira Aren menjadi Gula Aren. Tempat pembakaran terbuat dari Drum Bekas, sedang "Pan Evaporator" sebaiknya terbuat dari bahan yang tidak mudah berkarat atau stainless steel atau alumunium yang cukup tebal. Dengan 4 buah drum ukuran 200 literan panjang alat sekitar 360 cm, panjang 'pan evaporator' sekitar 300 cm, tinggi sekitar 30 cm, maka volume nira yang bisa dimasak sekitar 200 liter sekali masak.



Diagram atau pola tungku berbahan kayu untuk memasak nira Pohon Maple di Kanada dan Amerika. Teknologi ini bisa diterapkan untuk memasalk Nira Aren agar lebih menghemat bahan bakar, hasil olah yang lebih berkualitas & beragam serta pekerjaan menjadi lebih ringan dan efesien.

Evaporator untuk mengolah nira Pohon Maple menjadi Sirup Maple (Maple Syrup) seperti ini harganya antara US$ 3000 sampai US$ 5000 atau sekitar Rp 30 juta sampai Rp 50 juta itu harga di Kanada dan Amerika. Kalau dikirim ke Indonesia harganya bisa mencapai dua kali lipatnya.

Alat untuk mengolah Syrup Maple yang seperti ini harganya di atas US$ 5000 atau Rp 50 juta. Alat seperti ini bisa digunakan untuk mengolah Nira Aren menjadi Gula Aren Syrup, Gula Aren Cetak atau Gula Aren Serbuk (Semut), dll. Peningkatan kualitas proses pengolahan harus diikuti dengan kualitas produk, keanekaragaman produk, kemasan dan sistem pemasarannya.

Tidak ada komentar: