......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Rabu, 28 Oktober 2009

Pengembangan Perkebunan Aren di Provinsi Sumatera Selatan

Pengembangan Perkebunan Aren di Provinsi Sumatera Selatan

Musi Rawas Sentra Produksi Gula Aren



Bupati Musi Rawas H Ridwan Mukti beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa daerah yang dipimpinnya saat ini sudah sejak lama terkenal dengan Gula Aren yang memiliki kualitas yang sangat baik bahkan ada sebagian diekspor keluar negeri. Untuk lebih meningkatakan produktifitas gula aren ini, Bupati telah memplotkan daerah di kabupaten yang memiliki potensi pengembangan kelapa aren. Menyambut rencana Bupati Mura ini, Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Rawas pada tahun 2009 mendatang akan menyalurkan bibit aren unggulan ke kecamatan Karang Jaya, Rawas Ulu dan Ulu Rawas.

Bupati Musi Rawas H Ridwan Mukti

Wakil Bupati Musi Rawas Hj Ratnawati Ibnu Amin


”tiga kecamatan yang akan disalurkan bibit aren ini akan dijadikan daerah penghasil gula aren terbesar di Kabupaten Musi Rawas bahkan di Sumatera Selatan.”Ungkap Kepala Dinas Perkebunan Ir Jauhari Aswan Den melalui Kepala Bidang Program Disbun Mura Eman Suharman SP

Untuk menumbuh kembangkan tanaman aren ini telah dilakukan sejak tahun anggaran 2007 dan 2008 yang sebelumnya dikelola oleh Dinas Pertanian Kabupaten Musi Rawas untuk kecamatan Selangit, STL Ulu Terawas, Karang Jaya, Rawas Ulu dan Ulu Rawas.

Alasan beberapa kecamatan ini menjadi focus pengembangnan tanaman aren, Eman mengatakan selain daerah tersebut memenuhi syarat untuk ditanami gula aren juga Bupati Mura telah menfokuskan daerah tersebut sebagai Lumbung Gula Aren.”rencananya bantuan bibit aren tersebut akan disalurkan dalam bentuk bantuan kepada masyarakat dan arahan dinas perkbunan untuk penanaman bibit aren tersebut dengan menggunakan pola agroporestry.”Ujar Eman.

Sumber : http://musi-rawas.go.id/musirawas/content/view/71479/36/

Tidak ada komentar: