......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Rabu, 20 Januari 2010

10 ribu hektar dan 4 juta bibit pohon Aren untuk Pacitan



Empat Juta Batang Aren Untuk Pacitan


Pemerintah Kabupaten Pacitan mulai menyiapkan lahan seluas 10 ribu hektar untuk ditanami empat juta pohon aren. Ini menyusul adanya komitmen dari sejumlah elemen di pemerintah pusat untuk menyumbangkan bibit tanaman tersebut ke Kabupaten Pacitan. Bupati Pacitan Sujono dikonfirmasi wartawan mengatakan meski belum memastikan kapan bibit pohon aren akan dikirim namun ia memperkirakan saat ini telah memasuki tahap pengumpulan bibit. Sementara pendistribusiannya kemungkinan dilakukan bertahap. Ini karena proses pembibitan tidak mungkin dilakukan serentak karena banyaknya jumlah bibit yang disemaikan.

Terkait lokasi penanaman, bupati menjelaskan akan diprioritaskan pada daerah tangkapan air terutama sepanjang daerah aliran air Sungai Grindulu. Nantinya penanaman akan melibatkan peran serta masyarakat.
Rencana penanaman aren besar-besaran di Pacitan ditanggapi positif Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan setempat Suyatno. Apalagi, kata dia sejumlah kawasan hutan di lima kecamatan membutuhkan varian tanaman baru. Selain untuk tujuan konservasi tanaman yang ada juga diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat.

Lima daerah dimaksud merupakan wilayah dengan lahan kritis cukup luas. Masing-masing Kecamatan Bandar, Nawangan, Tegalombo, Arjosari dan Tulakan. Suyatno menyatakan, mayoritas tanaman hutan di lima kawasan ini cenderung homogen, yakni didominasi oleh tanaman pinus. Padahal, jenis tanaman ini tidak bisa tumbuh kembali jika dilakukan penebangan. Akibatnya lahan hutan rakyat banyak yang gundul.

Sumber : http://pacitankab.go.id/berita/berita.php?id=248



Pemkab Pacitan Siapkan 10.000 Hektare Lahan Aren


Pacitan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, mulai mempersiapkan lahan seluas 10.000 hektare untuk ditanami sedikitnya empat juta batang pohon aren.
"Kami sudah mendapat komitmen dari teman, dari instansi juga di pemerintah pusat, untuk menyumbangkan bibit pohon aren ke Pacitan. Tugas pemkab dalam komitmen ini hanya mempersiapkan lahan seluas 10 ribu hektar, dan tugas ini sudah kami mulai," kata Bupati Pacitan Suyono, Rabu.

Bupati tidak memastikan kapan bibit-bibit pohon aren yang diperkirakan jumlahnya mencapai jutaan batang tersebut akan dikirim oleh pejabat yang tidak disebut namanya itu.

Dia hanya memastikan bahwa pejabat di pemerintah pusat itu saat ini telah memulai pengumpulan bibit. "Insyaallah dalam waktu dekat ini," katanya.

Lalu dimana saja rencananya bibit-bibit pohon aren itu akan ditanam? Baik Bupati Suyono maupun Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Kabupaten Pacitan, Suyatno, sama-sama mengatakan bahwa penanaman akan dikonsentrasikan di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Girindulu.

Penanaman aren itu nanti akan melibatkan sepenuhnya peran serta masyarakat. Caranya, empat juta bibit pohon aren bantuan pemerintah pusat itu akan diteruskan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar DAS Grindulu.

Mereka dengan demikian akan mendapat sejumlah bibit pohon aren untuk ditanam di pekarangan masing-masing.

"Tanaman produksi aren sebenarnya telah dikembangkan di Pacitan sejak tahun 2005. Kami tentu akan menyambut dengan tangan terbuka jika ada pihak-pihak yang menyumbang bibit aren untuk pelestarian lingkungan disini, apapun jenisnya," kata Suyatno. *

Sumber : http://www.antarajatim.com/lihat/berita/22777/pemkab-pacitan-siapkan-10000-hektare-lahan-aren

Tidak ada komentar: