......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Jumat, 30 November 2012

Kisah Sunan Kalijogo dan Kilau Emas Pohon Aren

Kisah X - Jogo mencari Titik Ba'

Bismillahirrohanirrohim..........

Kisah ini sudah tidak asing lagi di Babat tanah Jawa, dikala seorang pemuda yang sedang menghentikan langkah sosok orang tua yang telah renta, yang bermaksud untuk merampas/merampok harta-nya. Dengan tenan dan tanpa ada-nya rasa takut si Tua Renta tadi bertanya :

Tua Renta : Apa yang engkau inginkan dari-ku wahai anak muda...???

Si Pemuda : Keluarkan hatra yang kau punya..!!!

(Dengan tersenyum yang menghiasi bibir) si Tua Renta ini menyerahkan seuntai Tasbih kepada si pemuda, karena memang itu-lah harta satu2-nya yang Ia bawa. Seraya berkata: )

Tua Renta : Silahkan ambil ini wahai anak-ku..!! Tapi, bila engkau ingin yang lebih banyak lagi dari ini, cobalah engkau tengok pohon Enau itu..!!!

(Sungguh terhenyak-nya si pemuda itu, tatkala melihat pohon Enau yang ditunjuk si Tua Renta tadi telah berubah menjadi Emas mulai dari Akar sampai Daun2-nya. Dan pada akhir-nya si pemuda menyadari bahwa yang berada di hadapan-nya bukan-lah manusia biasa, tetapi orang yang sakti mandraguna, dan segera-lah si pemuda minta maaf serta mencium tangan-nya, berlutut seraya memohon: )

Si Pemuda : Wahai Orang Tua, perkenankan-lah hamba yang hina ini untuk bisa menjadi murid-mu..!!! hamba mohon ampun atas perlakuan tadi terhadap-mu...

(Dengan sorot mata yang tajam, si Tua memandang serius kepada si pemuda itu, dan berkata: )

Tua Renta : Ilmu apa yang engkau inginkan dari-ku, anak-ku..!!!

Si Pemuda : Ilmu TITIK BA' tuan..!!!

(Sambil tersenyum, Si Tua meraih bahu si pemuda dan menyuruh-nya untuk berdiri)

Tua Renta : Baik-lah, tetapi aku harus meneruskan perjalanan dahulu, Engkau tunggu aku di sini dan tolong jagakan tongkat-ku ini..!!! (ditancapkan di pinggir/tepi sungai/kali) sampai aku kembali..!!!

Si Pemuda : Baik guru..!!!

Akhir-nya Si Tua Renta tadi pergi meninggalkan si Pemuda yang telah menunggu di sungai (KALI : Jawa,red:) Konon, kurang lebih sekitar 3 Tahun, si Tua Renta tadi teringat punya janji kepada orang yang pernah hendak merampas harta-nya untuk mengajarkan Ilmu TITIK BA' Beliau-pun segera bergegas berangkat menuju arah tempat pertemuan mereka dahulu:)

Dan betapa terkejut-nya si Tua Renta tadi, melihat sosok si pemuda yang belum beranjak dari duduk semadi-nya, yang kurus kering kerontang dan dilingkari oleh jalaran dedaunan..!!! yang menunggu untuk mendapatkan pelajaran Ilmu TITIK BA'. Si Tua Renta itu-pun membangunkan si pemuda itu dan memberi-nya nama : "K A L I J O G O" yang arti-nya (Penjaga Sungai).

Adapun si Tua Renta yang sakti mandraguna tadi tidak lain adalah seorang yang 'Arif Billah, seorang Khowasul Khowwas, seorang Waliyulloh yaitu : MAKDUM IBRAHIM yang di kenal dengan sebutan Sunan "B O N A N G"

Dari Kisah ini dapat di pahami, bahwa Ilmu TITIK BA' sudah menjadi pegangan para Wali di Tanah Jawa, meskipun kisah ini di anggap oleh sebagian orang hanya-lah legenda belaka.

Ulama' khusus-nya di kalangan Ahlu Isyarat, bahwa pendalaman rahasia2 huruf dalam Kitab Suci Al-Qur'an adalah suatu bagian dari Ijtihad. Merujuk keterangan para 'Arif Billah,

"Likulli ayatin wa-kharfin wa-nuqthotin minal-Qur'ani Hikmatun"

Wallohu A'lamu Bis-Showab......................

Created by : Mr. Com

Sumber : http://shafauqi.blogspot.com/2012/06/kisah-x-jogo-mencari-titik-ba.html

Tidak ada komentar: