......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Jumat, 07 Desember 2012

Belajar menggunakan SInar Infra Merah untuk Melancarkan Nira Aren


Mungkinkah sinar infra merah digunakan untuk perkebunan Aren?  
Mari kita pelajari apa itu sinar infra merah? dan apa saja manfaatnya bagi kehidupan manusia? bisakah membantu kita dalam perkebunan Aren yang intensif dan modern?   
Infra merah (infra red) ialah sinar elektromagnet yang panjang gelombangnya lebih daripada Cahaya Nampak, yaitu di antara 700 nm dan 1 mm. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga "order" . Sinar infra merah merupakan cahaya yang tidak tampak. Jika dilihat dengan spektroskop cahaya, maka radiasi cahaya infra merah akan nampak pada spektrum electromagnet, dengan panjang gelombang, di atas panjang gelombang cahaya merah. Dengan panjang gelombang ini, maka cahaya infra merah tidak akan tampak oleh mata, namun radiasi panas yang ditimbulkannya masih terasa atau masih terdeteksi.

Inframerah ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir William Herschell, astronom kerajaan Inggris ketika ia sedang mengadakan penelitian mencari bahan penyaring optik yang akan digunakan untuk mengurangi kecerahan gambar matahari dalam tata surya teleskop

Sinar Infra merah dapat dibedakan menjadi tiga daerah
Near Infra Merah………………0.75 - 1.5 µm
Mid Infra Merah..……………...1.50 - 10 µm
Far Infra Merah……………….10 - 100 µm

Contoh aplikasi sederhana untuk far infra red terdapat pada alat – alat kesehatan. Sedangkan untuk mid infra red ada pada alat ini untuk sensor alarm biasa, sedangkan near infra red digunakan untuk pencitraan pandangan malam seperti pada nightscoop.

Penggunaan infra merah sebagai media transmisi data mulai diaplikasikan pada berbagai perlatan seperti televisi, handphone sampai pada transfer data pada PC. Media infra merah ini dapat digunakan baik untuk kontrol aplikasi lain maupun transmisi data. Sifat-sifat cahaya infra merah antara lain :
  • tidak dapat dilihat oleh manusia
  • tidak dapat menembus materi yang tidak tembus pandang
  • dapat ditimbulkan oleh komponen yang menghasilkan panas
  • Panjang gelombang pada inframerah memiliki hubungan yang berlawanan atau berbanding terbalik dengan suhu. Ketika suhu mengalami kenaikan, maka panjang gelombang mengalami penurunan.
Manfaat SInar Infra Merah dalam Bidang Kesehatan
Tubuh kita terdiri dari 70% air dan 80% dari darah kita juga air. Sinar Infra Merah memiliki getaran yang sama dengan molekul air. Molekul tsb akan pecah, menjadi molekul tunggal yang meningkatkan arus cairan tubuh, sehingga meningkatkan oksigen dalam darah. Dengan mengaktifkan sel, kita dapat memperbaiki vitalitas, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah penuaan dini.
·         Mengaktifkan molekul air dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena inframerah mempunyai getaran yang sama dengan molekul air. Sehingga, ketika molekul tersebut pecah maka akan terbentuk molekul tunggal yang dapat meningkatkan aliran cairan tubuh, sehingga dapat meningkatkan oksigen dalam darah. Dengan sel-sel yang aktif, vitalitas akan menjadi lebih baik, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah penuaan dini.
  • Meningkatkan sirkulasi mikro. Bergetarnya molekul air dan pengaruh inframerah akan menghasilkan panas yang menyebabkan pembuluh kapiler membesar, dan meningkatkan temperatur kulit, memperbaiki sirkulasi darah dan mengurangi tekanan jantung.

    Peningkatan fungsi pembuluh darah kapiler sangat penting karena pembuluh darah kapiler mensuplai oksigen dan nutrisi keseluruh tubuh. Pembuluh darah kapiler juga sangat penting untuk metabolisme dan sirkulasi mikro. Kegagalan sirkulasi mikro dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, tumor, rematik dan sebagainya.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh. jika sirkulasi mikro dalam tubuh meningkat, racun dapat dibuang dari tubuh kita melalui metabolisme. Hal ini dapat mengurangi beban liver dan ginjal. Racun menyebabkan banyak penyakit, seperti kanker oleh radikal bebas, hipertensi karena ion uranium, asam urat, asam lemak dll.

  • Mengembangkan Ph dalam tubuh. Sinar inframerah dapat membersihkan darah, memperbaiki tekstur kulit dan mencegah rematik karena asam urat yang tinggi.

  • Inframerah jarak jauh banyak digunakan pada alat-alat kesehatan. Pancaran panas yang berupa pancaran sinar inframerah dari organ-organ tubuh dapat dijadikan sebagai informasi kondisi kesehatan organ tersebut. Hal ini sangat bermanfaat bagi dokter dalam diagnosis kondisi pasien sehingga ia dapat membuat keputusan tindakan yang sesuai dengan kondisi pasien tersebut. Selain itu, pancaran panas dalam intensitas tertentu dipercaya dapat digunakan untuk proses penyembuhan penyakit seperti cacar. Contoh penggunaan inframerah yang menjadi trend saat ini adalah adanya gelang kesehatan Bio Fir. Dengan memanfaatkan inframerah jarak jauh, gelang tersebut dapat berperang dalam pembersihan dalam tubuh dan pembasmian kuman atau bakteri.
Mungkinkah untuk merangsang keluarnya Nira Aren ?
Memang sangat besar kemungkinannya bahwa sinar infra merah digunakan untuk merangsang tandan bunga Aren dapat melancarkan saluran pembuluh kapiler untuk mengalirnya Nira Aren.   Sebagaimana fungsinya bagi kesehatan manusia seperti diungkapkan di atas.  
Saluran kapiler pembuluh pada tanaman hampir-hampir mirip juga dengan yang ada di tubuh manusia.  Ia berfungsi untuk mengangkut sari-sari makanan ke seluruh tubuh untuk asupan energi dan bahan yang digunakan untuk tumbuh, berkembang dan mempertahankan hidup serta keturunannya.
Di bawah ini gambar sistem jaringan kapiler tanaman dikotil dan monokotil.  Tanaman Aren termasuk tanaman monokotil yang memiliki sistem jaringan kapiler seperti gambar sebelah kanan. 
  
Mengganti sistem memukuli dan menggoyang tandan dengan Alat Perangsang Infra Merah.  Mungkinkah?
Ini adalah PR bagi para peneliti di Indonesia.  Karena pekerjaan yang sangat sulit dan perlu keahlian tinggi ini paling banyak diperlukan dalam perkebunan Aren skala besar.  Kalau pekerjaan ini bisa digantikan dengan suatu alat yang berbasis teknologi tentu akan semakin bergairah lagi investasi kebun Aren ini.
Bisa jadi alatnya nanti dikombinasi dengan alat penggetar yang biasa digunakan dalam alat pijat elektrik.  Alat pemijat getar ini nanti akan berfungsi sebagai pengganti pukulan-pukulan ringan yang biasa dilakukan ara penyadap Nira Aren.   
Tandan bunga nanti tidak perlu dipukul-pukul tetapi cukup digetarkan dengan alat pemijat yang dipasang melingkari tandan bunga Aren.   Seperti pada alat terapi pijat elektrik, sinar infra merah juga dipasang melingkar agar bisa memanasi tandan bunga dan meradiasi saluran kapiler tandan bunga Aren agar tidak tersumbat lagi oleh asimilat yang menggumpal laksana kolesterol dalam saluran darah manusia.

Kombinasi getaran dan radiasi sinar infra merah inilah yang diduga bisa menggantikan para perajin atau petani Aren untuk tidak lagi melakukan perangsangan dengan cara pemukulan dan penggoyangan tandan yang hanya bisa dilakukan oleh petani yang sudah trampil.   Dengan alat getar infra merah ini hampir setiap petani diharapkan bisa melakukannya.  

Bagaimana bentuk alatnya?

Nah ini hanya suatu ide dan konsep.... silakan bagi yang tertarik untuk melakukan uji coba, merekayasa dan terus menerus menyempurnakannya.  Tuh... para investor tentu sudah menunggu untuk memborong Alat itu.  Bagi Sang Penemu tentu akan mematenkannya dan akan menjadi rejeki bagi dia dan keluarganya.  Yang jelas nanti akan sangat bermanfaat bagi berkembangnya usaha perkebunan Aren di masa yang akan datang.

Bagaimana selanjutnya?  Silakan Anda semua mempunyai peluang ini!  


Referensi :
http://smart-pustaka.blogspot.com/2011/02/sinar-imfra-merah-infra-red-ray.html

2 komentar:

muhtar lukfi mengatakan...

Salam kenal pak..., sy jd mulai tertarik dg aren..dan byk myimpang prtanyaan besar,,, knp aren g jd kebijakan nasioanl pdahal potensix luar biasa?? Agakx, kita perlu bikin "gerakan bawah tanah aren" nich, agar bangsa ini bs survival kalori dan fuel. Dan konsep/Ide bapak diatas, sngt bagus...., Nantix, mungkin juga bisa terpikirkan alat penyedot tandang yg bekerja sekian kali per jam, untuk mengatasi masalah penyumbatan aliran nira hingga penyayatan tandang yg berulang2 tdk diperlukan lagi. Salam.

Teguh mengatakan...

Pak, maaf diluar topik. Saya mau tanam aren, kalau dengan jarak tanam 5x5m kira2 terlalu rapat apa enggak ya?