......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Selasa, 23 Desember 2014

Willie Smith : Ada 65 manfaat Pohon Aren termasuk Bioethanol pengganti BBM dan Gula

Luar Biasa, Selain Bio Etanol, Ada 64 Manfaat Pohon Aren

willie_smitsWillie Smits, Ketua Yayasan Masarang












Luar Biasa, ternyata ada 65 manfaat pohon aren selain menghasilkan bio etanol pengganti BBM. Jangan remehkan pohon aren. 

“Ada 65 manfaat pohon aren termasuk di dalamnya bio etanol pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM),” urai Willie Smits, Ketua Yayasan Masarang, baru-baru saja di Jakarta. 

Pohon aren bisa menghasilkan bensin dan solar, pertama itu. Ini sekaligus bisa menjawab krisis energi bangsa ini. Pohon aren menghasilkan gula yang kemudian dikonversi menjadi bio etanol. 

Selain itu pohon aren juga menghasilkan sagu, kolang-kaling, umbut, madu (dari bunganya) atau ijuk (sudah digunakan untuk jok-jok mobil mewah di Eropa). Kayunya juga bisa dimanfaatkan dan sangat kuat. 

“Gula aren juga dinyatakan lebih sehat ketimbang gula putih dari tebu, sudah dikenal sebagai gula diabetes, bisa juga sebagai ingridien obat asma,” terang Willie. 

Fungsi lainnya, dengan menanam pohon aren bisa juga untuk mencegah tanah longsor dan erosi. “Akar pohon aren sangat kuat hingga 8 meter dan mampu mengikat tanah,” terang mantan penasihat Menteri Kehutanan untuk bidang Reboisasi dan konservasi satwa itu. 

Itu beberapa manfaat pohon aren, dan masih banyak lagi lainnya. 

Awal jatuh cintanya Willie kepada pohon ajaib itu berawal dari adat istiadat masyarakat Tomohon, Sulawesi Utara yang menggunakan pohon aren sebagai mas kawin. “Kok semurah itu ya?” ujarnya. 

Lalu mulailah diteliti pohon aren itu. Memang ternyata banyak sekali gunanya, mulai dari ujung akar hingga ke pucuk daun. 

“Penelitian saya menunjukkan tidak ada pohon yang dapat menghasilkan jumlah bahan bakar alternatif lebih daripada pohon aren,” papar peraih Satya Lencana Pembangunan RI itu. 

Pohon aren juga  ternyata tidak “manja”.  Artinya dalam pemeliharaan tidak membutuhkan pupuk dan pestisida. 

Dengan membudidayakan pohon aren secara massal akan membuka seluas-luasnya lapangan kerja. Ujung-ujungnya bisa mendongkrak pendapatan masyarakat. 

Bayangkan saja, dengan men yadap hanya 4 pohon aren per hari, penghasilan petani aren bisa mencapai Rp. 120 ribu. 

Ia sendiri bersama Yayasan Masarang membangun pabrik mini terpadu untuk tingkat desa sebagai percobaan. “Tidak hanya mengolah hasil pohon aren tapi juga menghasilkan berbagai fasilitas dan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat di daerah-daerah terpencil.

Itulah keajaiban dari pohon aren. Dengan 64 manfaatnya serta bisa menjawab krisis energi bangsa, lewat bio etanolnya.

Sumber : http://suaraagraria.com/detail-20480-luar-biasa-selain-bio-etanol-ada-64-manfaat-pohon-aren.html

Tidak ada komentar: