......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Minggu, 25 Juli 2010

Warga Jateng Diimbau Tanam Pohon Aren

Warga Jateng Diimbau Tanam Pohon Aren

(30 Maret 2010,  Ferdinand,  ANTARA/Saiful Bahri/SOLO/MI)

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengimbau warganya untuk menanam pohon aren. Selain bermanfaat menyerap air, pohon itu juga dapat memberikan manfaat ekonomi.  Imbauan itu disampaikannya kepada bupati dan wali kota serta para camat se-Solo Raya yang hadir dalam acara Forum Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan di Balai Kota Solo, Selasa (30/3). 

 "Tanaman aren itu banyak manfaatnya. Arennya untuk bahan gula, buahnya untuk bahan minuman, daunya untuk sapu lidi, serabutnya untuk sikat, akarnya sebagai penahan tanah," kata Bibit.  Bila setiap orang bisa menanam satu pohon aren saja, ujarnya, hasilnya akan sangat luar biasa. Apalagi saat ini pasar buah aren yang dikenal dengan nama kolang-kaling sedang terbuka lebar, salah satunya di Cina.

Negara tirai bambu itu membutuhkan ratusan ribu ton kolang-kaling setiap bulan. Namun yang bisa dipenuhi oleh petani Jawa Tengah saat ini baru sekitar 20%. Hal tersebut, menurut Bibit, merupakan sebuah peluang yang sangat sayang untuk dilewatkan. Karena itulah ia mengimbau agar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.   Disamping manfaat ekonomi, gerakan satu pohon satu orang juga akan berdampak positif bagi pelestarian lingkungan. Apalagi di tengah ancaman perubahan iklim yang sudah didepan mata saat ini. 













"Sekarang kita sedang menghadapi cuaca ekstrim, banjir, longsor, terjadi di mana-mana. Alam akan semakin ganas kalau kita tidak cinta alam. Saya meminta bupati dan wali kota menggerakan itu," tegasnya. (FR/OL-01)

 Sumber  :  http://www.mediaindonesia.com/read/2010/03/03/132833/124/101/Warga-Jateng-Diimbau-Tanam-Pohon-Aren

Tidak ada komentar: