......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Jumat, 21 September 2012

Seminar Nasional Aren 2012

Seminar Nasional Aren 2012

Aren (Arenga pinnata, MERR) termasuk jenis tanaman palma yang serbaguna dan tersebar pada hampir seluruh wilayah  Indonesia. Tumbuh pada ketinggian 0-1500 meter di atas permukaan laut. Aren juga dapat dibudidayakan sebagai tanaman sela dan reboisasi untuk konservasi lahan, tanpa menimbulkan persaingan dengan tanaman pangan lainnya.

Produk tanaman aren memiliki nilai ekonomi tinggi dan berpotensi ekspor jika diusahakan secara serius. Semua bagian tanaman dapat diolah menjadi berbagai produk pangan dan non pangan. Salah satu produk non pangan dari aren adalah bioetanol yang diolah dari nira. Terkait dengan isu lingkungan dan kesehatan, upaya pemenuhan kekurangan energi di masa mendatang akan diarahkan ke sumber terbarukan dan ramah lingkungan, yaitu biofuel/bioenergi salah satu diantaranya adalah bioetanol. Namun, hampir seluruh sumber bahan baku biofuel sering bersaing dengan kebutuhan pangan. Dalam konteks inilah tanaman aren dapat mengambil peran  sebagai salah satu sumber biofeul yang penting karena produktivitas niranya yang  tinggi. Tahun 2011 Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Kab. Kutai Timur telah melepas tanaman aren Genjah dengan keunggulan produktivitas nira tinggi dan berproduksi pada umur 6 tahun.

Oleh karena potensi produksi tanaman aren yang tinggi untuk pemanfaatan aren sebagai salah satu komoditi agribisnis, diperlukan strategi pengembangan yang tepat terutama di lahan-lahan sub optimal yang kurang produktif. Diharapkan melalui usaha pengembangan aren ini dapat meningkatkan pendapatan petani serta melestarikan sumber daya alam dan lingkungan hidup.Pengetahuan dan informasi teknologi budidaya tanaman aren masih perlu ditingkatkan, mengingat kegiatan penelitian dan pengembangan pada tanaman tersebut masih relative terbatas. Oleh sebab itu, diseminasi inovasi teknologi dan pengembangan penelitian aren di Indonesia masih perlu ditingkatkan.


TUJUAN 
  • Memperkenalkan tanaman aren sebagai sumber pangan dan energi serta perkembangan dukungan inovasi teknologinya, 
  • Mempertemukan para pengambil kebijakan dan kalangan peneliti/cendekiawan dan kalangan usaha untuk meningkatkan pemanfaatan tanaman aren sebagi sumber pangan dan energy, 
  • Membantu para stakeholder untuk mengembangkan varietas tanaman aren Genjah yang potensial 
TEMA 
Aren Untuk Pangan dan Alternatif Energi Terbarukan 

TEMPAT dan WAKTU 
Tanggal            : 26-27 September 2012  
Tempat             : Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur. 

PEMBICARA KUNCI  
  1. Penguatan Kelembagaan Mendukung Pengembangan Aren Sebagai Sumber Pangan Potensial dan Subsitusi Energi terbarukan (Ir. Siswono Yudohusodo / Anggota Komisi VI DPR RI).  
  2. Arah dan Strategi Pengembangan Inovasi Teknologi Aren (Dr.Ir. Haryono / Kepala Badan Litbang Pertanian)
MAKALAH UTAMA  
  1. Program Pengembangan Aren Sebagai Komoditas Unggulan Spesifik Lokasi Kutai Timur (Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur). 
  2. Strategi Operasional Pengembangan Aren Sebagai Sumber Pangan dan Energi Terbarukan Nasional (Direktorat Jenderal Perkebunan).  
  3. Diversifikasi, Peluang dan Tantangan Pengembangan Produk Olahan Aren (Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Indonesia / GAPMMI)  
  4. Aren Seabagai Bahan Bakar Bioetanol (Prof. Dr. Bambang Prastowo - Forum Komunikasi Profesor Riset Badan Litbang Pertanian).

MAKALAH PENUNJANG DAN POSTER 
Makalah lainnya berupa makalah penunjang dan makalah poster dari hasil karya para peneliti, dosen, pemerhati aren serta para stakeholder lainnya. Batas akhir penerimaan makalah lengkap adalah sampai dengan tanggal 1 September 2012. 

PESERTA 
  • Para pakar dari berbagai instansi penelitian dan pengkajian, perguruan tinggi, organisasi nasional dan internasional, serta pihak swasta terkait.  
  • Para pembuat/penentu kebijakan yang terkait dengan pengembangan aren seperti Kementerian/Dinas Pertanian/Perkebunan, serta Pemerintah Daerah. 
  • Kelompok tani, perorangan, dan pengusaha industri aren. 
  • Lembaga swadaya masyarakat, biro konsultan, pengamat dan pemerhati komoditi aren. 
AKOMODASI 
Selama pelaksanaan acara, panitia menyediakan seminar kit, makan siang dan kudapan. Biaya penginapan dan perjalanan ditanggung oleh masing-masing peserta.
Biaya untuk pencetakan prosiding.

PENDAFTARAN
Penyelenggara Seminar Nasional Aren dibiayai dari DIPA Badan Litbang Pertanian dan DIPA Pemerintah Kabupaten Kutai Timur TA 2012, serta sumbangan lain yang tidak mengikat . Peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran, tetapi pemakalah dikenakan biaya untuk pencetakan prosiding.

INFORMASI.
  • Evawati, BSc (08161609395)
  • Ir. Jeanette Kumaunang, M.Sc. (0811437595)
  • Ir.Selmy R. Supit (081340501616)
  • Ir. Elsje T. Tenda, MS (081340373167)
  • Ir. Aliamsyah Saragih (081347945441)
SEKRETARIAT PANITIA
PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERKEBUNAN
Jl. Tentara Pelajar No. 1 Bogor 16111   Telp.(0251)8313083. Faks. (0251) 8336194
BALAI PENELITIAN TANAMAN PALMA
Jl. Raya Mapanget PO BOX 1004 Manado 95001.  Telep (0431) 812430; Faks (0431) 812017
DINAS PERKEBUNAN KABUPATEN KUTAI TIMUR
Jl. Pertanian, Perkantoran Bukit Pelangi  Sangatta, Kalimantan Timur  Telp. (0549) 22981

Sumber : http://balitka.litbang.deptan.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=179%3Aseminar-nasional-aren-2012&catid=37%3Aberita&Itemid=160&lang=en

Tidak ada komentar: