......Tidak lama lagi AREN jadi primadona perkebunan nasional ........

Sabtu, 11 Oktober 2014

Ijuk Aren berpotensi untuk menjadi Plafon Gipsum

Gipsum Dari Ijuk Aren

Sekarang ini industri dan perdagangan nasional maupun Internasional yang berasal dari sumber daya hutan sudah sangat memprihatinkan. Sumber daya hutan makin hari makin langka dan mahal, hal ini diakibatkan oleh makin sempitnya lahan dan makin berkurangnya luas areal hutan di Negeri ini. Dengan makin berkurangnya jumlah hutan maka seiring dengan itu juga akan mengurangi jumlah produksi hasil hutan, sehingga hasil hutan yang akan dijadikan bahan industri juga akan menjadi berkurang dan langka.
Seiring dengan perkembangan zaman dan makin kompleknya permasalahan lingkungan dengan isu pemanasan global, maka perlindungan dan penyelamatan hutan merupakan salah satu agenda utama pada saat ini. Melihat dari permasalahan tersebut sudah saatnyalah kita mencari alternatif lain dalam pembuatan papan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Salah satu diantaranya adalah dengan pemanfaatan ijuk dari pohon aren sebagai pengganti memenuhi kebutuhan kayu.
Ijuk atau serat ijuk dari pelepah pohon aren adalah serat yang banyak mengandung Lignoselulosa, sehingga dapat dijadikan sebagai pengganti kayu. Ijuk juga dapat digunakan untuk pembuatan produk-produk yang selama ini menggunakan serat dari kayu hutan, yang pada dasarnya telah melampaui batas kemampuan hutan tersebut. Serat kayu pada pembuatan plafon dapat diganti dengan serat pelepah pohon aren misal pada pembuatan plafon gipsum.
Dalam pembuatan plafon gipsum banyak faktor yang mempengaruhi mutu plafon tersebut, antara lain jenis bahan baku, berat jenis bahan baku, perlakuan pendahuluan, ukuran partikel, perbandingan partikel dengan gipsum yang digunakan dan lain sebagainya. Zuliafebriani (2010) melakukan penelitian terhadap plafon gipsum menggunakan serat tandan kosong sawit dengan judul Pengaruh Beberapa Perlakuan Pada Serat Tandan Kosong Kelapa Sawit (Elaeis guineensis. Jacq) Terhadap Sifat Fisis Dan Mekanis  Plafon Gipsum didapatkan hasil dari penelitian tersebut pada pengujian sifat mekanis plafon gipsum yang dilakukan didapatkan hasil keteguhan tekan plafon gipsum dengan nilai rata-rata berkisar antara 607,44 kg/cm2 samapai 677,2 kg/cmdan untuk nilai keteguhan tekan didapatkan nilai rata-rata berkisar antara 2,6 kg/cm2 sampai 6,33 kg/cm2
Ijuk dari pohon aren memilki kandungan holoselulosa, selulosa dan pentosan dalam jumlah cukup tinggi, serta kadar abu dan lignin yang relatif rendah. Secara kualitatif unsur kimia yang dikandung serat ijuk adalah karbon (C), natrium (Na), magnesium (Mg), silikon (Si), aluminium (Al), kalium (K), dan kalsium (Ca). Rahmad M. ( Joesoef et al. 1979 dalam Nurakhman, 1998)
Sumber : http://bajoebel.wordpress.com/2011/08/25/gipsum-dari-ijuk/


Tidak ada komentar: